Bisnis Online

Topologi Jaringan

Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan menurut wikipedia indonesia adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur – unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. atau jika ingin lebih singkatnya Topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer.
Terdapat beberapa jenis topologi jaringan komputer diantaranya adalah :

 

1. Topologi Bus

Topologi bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
cara membuat jaringan warnet

 

2. Topologi Ring

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
cara membuat jaringan warnet topologi ring

 

3. Topologi Star

Topologi star merupakan bentuk tipe jaringan yang menyerupai star atau bintang, pada topologi star terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Sedangkan perangkat lain terhubung dengan perangkat pengendali sehingga pengiriman data akan melalui perangkat pengendali.
cara membuat jaringan warnet

 

4. Topologi Tree

Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
cara membuat jaringan warnet
Diatas adalah empat jenis topologi yang dapat disampaikan di post ini yang sebenarnya masih banyak topologi jaringan komputer beserta kombinasinya yang mungkin tidak dapat saya sampaikan disini.

Sumber
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Kayla - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger