Bisnis Online

Pengaruh Software Billing pada Warnet




Membuat suatu jaringan tentunya tidak akan terlepas dari OS yang digunakan nantinya,seperti pembahasan kita terdahulu yaitu Membandingkan Opearting System Linux dan Windows.
Berbicara seputar Jringan internet, tentu akan membicarakan system keamanan dan hal-hal lain didalamnya, termasuk Pengaruh Software serta Tehnisi sebagai administrator jaringan kita.
Memulai Usaha Bisnis Warnet dan Hotspot saat ini menjadi salah satu pilihan terbaik dibandingkan dengan usaha lain,sebab Bisnis jaringan Internet dimasa mendatang tetap akan terus dibutuhkan bahkan menjadi suatu kebutuhan pokok seperti sandang dan pangan. Namun tahukah anda bahwa didalam memulai Bisnis Warnet Hotspot banyak hal yang bisa menentukan "panjang usia bisnis" warnet anda, antara lain. Beberapa faktor penentunya, antara lain :

1. Tehnisi Jaringan Warnet, sebagai OTAK pembangunan Infrastuktur Warnet.
2. Hardware serta Instalasi Jaringan Warnet itu sendiri
3. Software yang terdapat pada Server dan Komputer Klien/Pelanggan

Siapkan Mata dan Tenangkan pikiran anda...!! Untuk sama-sama kita simak "Catatan Perjalanan IFANET" sebagai salah satu pioner Jaringan Wireless dan Kabel di indonesia

1. Tehnisi Jaringan Warnet (Administrator Network)

Menjadi SEOrang Tehnisi Jaringan Warnet dan Hotspot, bukanlah hal yang mudah. Karena "wajib" memiliki skill diatas rata-rata. Kalau perlu dia adalah SEOrang " HACKER " ! mengapa demikian ? warnet dan hotspot akan dikunjungi oleh pelanggan, dimana anda sama sekali tidak mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka soal jaringan internet. Mungkin dia adalah utusan dari Warnet lain (pesaing anda), atau Hacker Kelas Teri yang baru mau belajar merusak jaringan atau mungkin hanya sekedar Browsing atau Download saja., setelah itu mereka keluar.

Nah...inilah pentingnya "Hacking Skill" yang harus dimiliki oleh SEOrang Tehnisi Warnet dan Hotspot. Ibaratnya " Sebelum anda menjadi ALGOJO, anda harus tahu ILMU PENJAHAT terlebih dulu " supaya anda bisa melumpuhkan penjahat. Betul khan ???

Selain itu, dia juga harus memiliki "Skill Hardware dan Software", bukan hanya skill sekedar tahu....tapi harus diatas rata-rata orang lain.Karena Tehnisi Warnet akan dijadikan "BODYGUARD PEMILIK BISNIS" untuk menjaga jaringan warnet dan hotspot agar tetap terus berjalan dan berkelanjutan. Dalam artian : "Berikan Garansi SEUMUR HIDUP", sepanjang anda masih hidup, masih dalam masa pemeliharaan serta pemilik masih enak untuk bekerjasama dengan anda, maka tetap menjadi tanggungjawab tehnisi.

Titip juga sedikit "ILMU TROUBLESHOOTING" kepada Pemilik Warnet, agar jika terjadi kemacetan kecil (misalnya : Billing atau Speedy bermasalah) bisa atasi sendiri. Jangan simpan ilmu seperti itu , karena  bisamenyusahkan anda sendiri. Soal sepele harus berkunjung lagi ketempat tersebut.

Yang terakhir, soal "SKILL JARINGAN"....Seorang tehnisi harus faham betul fungsi dan topology jaringan yang dipasang,seperti warnet sebagai jaringan pembagi bandwitdh untuk digunakan bersama, selain itu beberapa faktor seperti :

  1. Karakteristik Kabel UTP : Kapan anda harus pakai UTP Cat5e dan UTP Cat6e.
  2. Fungsi dan tugas dari 8 serabut kabel yang berbeda warna terdapat didalam kabel. Kabel ini bukan sekedar "nyambung" saja, karena akan dialiri oleh arus " data upload download " !
  3. Konektor RJ45 sebagai Jumper kabel to Port, juga harus original
  4. Pakai tang Krimping yang berkualitas terbaik, jangan pakai yang murahan.
  5. Kreatifitas Tehnisi dalam mengkonfigurasi jaringan itu sendiri. Faktor ini sangat berpengaruh besar dari besaran bandwitdh yang anda miliki. Kenyataannya, banyak Warnet dan Hotspot sudah memiliki bandwitdh 2 -3 mega, namun masih sering lelet dalam mengakses game online.
Faktor yang membuat WARNET anda menjadi " IDOLA " , antara lain :

1. Akses Internetnya cepat, kalau perlu super cepat.
2. Pengunjung nyaman berada didalamnya.
3. Interior ruang dan design KBU yang nyaman, terutama buat yang pacaran dan merokok
4. Perangkat Warnet yang bagus dan bermutu, mulai dari Monitor, Keyboard, Mouse, AC, Asbak,dll
5. System Billing Software yang bermutu dan handal dari sisi keamanan ( bukan gratisan )
6. Bonus pemakaian Internet untuk pelanggan atau sistem member.
6. Pelayanan yang Ramah dan Santun selama pengunjung berada didalamnya

2. Hardware serta Instalasi Jaringan itu sendiri.

Hardware dan Instalasi jaringan juga sangatlah berperan penting. Sebagian sudah kami ulas diatas. Selain itu pilih spesifikasi komputer klien yang secukupnya saja. Karena mereka kesitu LEBIH MENGUTAMAKAN BROWSING atau MAIN GAME ONLINE saja. Yang penting memory PC minimal 1 GB plus VGA Card 512Kbps.
Instalasi jaringan WARNET dan kelistrikannya yang RAPI dan AMAN juga berperan penting, agar pelanggan anda tidak mati kesetrum didalam bilik KBU..hehehe...

3. Software pada Server dan Komputer Pelanggan

Beberapa Software "WAJIB" terinstal didalam PC Warnet, antara lain :

- Operating system Windows atau Linux
- Software Browsing ( Mozilla atau Opera )
- Software Chatting ( YM atau MiRC )
- Software Office ( Word,Excel dan Power Point )
- Software Acrobat Reader ( untuk PDF Files )
- Software Antivirus ( buat yang pakai WINDOWS, selamat stress dengan Virus )
- Game Online dan game Offline secukupnya.
- Software Billing yang tahan terhadap serangan Virus dan Hacker.

Karena pada prinsipnya adalah  

" BAGUS TIDAKNYA JARINGAN, TETAP SIAPA DIBALIK JARINGAN ITU ?? "
Resep BOLEH SAMA...TAPI " RASANYA " bung..."PASTI BERBEDA "

Sumber: http://bisnis-rtrw-net.blogspot.com/2009/12/pengaruh-software-billing-pada-warnet.html#ixzz25LYwr4Pd
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Kayla - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger